SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo
PERINGATAN HUT RI KE-75 SMP MUSASI

PERINGATAN HUT RI KE-75 SMP MUSASI

18 September 2021

BY Admin

547 VIEWS

smpmusasi.net - Seluruh siswa SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo (Musasi) memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-75 dengan mengikuti lomba yang diadakan secara virtual. Ada tujuh lomba yang diselenggarakan panitia tahun ini, antara lain berfoto bersama keluarga, menyanyi lagu nasional, membuat komik, membaca puisi dengan virtual background, membuat poster dan kuis kemerdekaan.

Ketua pelaksana kegiatan lomba, Annisa Alifvia Artha, S.Pd., menyampaikan ada beberapa lomba yang menarik pada pelaksanaan di tahun ini. “Kuis kemerdekaan adalah lomba yang banyak diikuti oleh siswa-siswi Musasi,” ujar Annisa. “Hal tersebut dikarenkan anak-anak sudah familiar dengan aplikasi quizizz yang digunakan pada saat lomba,” lanjut guru olahraga SMP Musasi itu.

Dilaksanakannya lomba peringatan HUT RI yang ke-75 secara virtual tak lain karena masifnya penyebaran Covid-19 di Sidoarjo. Hal tersebut yang menjadikan wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Erna Herawati, S.Pd., memiliki gagasan untuk membuat lomba secara virtual. “Kita tidak mungkin tidak melakukan apa-apa disaat pandemi, maka pimpinan sekolah memutuskan untuk menyediakan wadah untuk siswa Musasi agar dapat berkreasi walau hanya dari rumah,” ujar Erna. “Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan,” sambung Erna.

Membuat komik adalah lomba terbaru yang ada di Musasi. “Harapan kami melalui proses pembuatan komik ini dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme peserta maupun kepada pembaca,” ujar Erna. Salah satu peserta membuat komik, Sarah Annisa Qurrota A’yun sangat antusias saat wali kelas kelas 9B, Heri Kuswijayanti, S.Pd., mengumumkan ada lomba membuat komik.

Bakat menggambar yang dimiliki Sarah membantunya dalam menyelesaikan pembuatan komik digital. “Saat kelas 7, dikenalkan sama kakak kelas yang bernama Fania Syifa aplikasi menggambar digital,” ujar Sarah. Karena ketekunan dan kelihaiannya dalam menggunakan aplikasi Ibis Paint X, dapat mengantarkannya menjadi juara. “Senang sekali, apalagi ini juara pertama saya di Musasi, mengingat ini adalah tahun terakhir di sekolah,” lanjut Sarah. Meskipun begitu ia sempat mengalami kendala saat membuat komik hingga merombak ulang komik yang dibuat. “Kemarin juga sempat sakit sehingga mempengaruhi mood menggambar hingga tidak keluarnya ide,” ujar Sarah.

Pengalaman berharga juga dirasakan oleh Mayazikra Auraphasa. “Deg-deg an saat menunggu pengumuman juara, karena baru pertama kali mengikuti lomba vlog,” ujar Maya. Gadis asal Yogyakarta itu mengaku kalau sering menonton youtubers pada saat merekam aktivitas sehari-hari. “Ternyata sulit juga menentukan alur cerita untuk membuat vlog, tidak semudah seperti mereka yang ada di youtube,” lanjut Maya. Walaupun begitu tidak menurutkan niat siswi yang punya hobby editing video ini dalam menyelesaikan vlognya.

Kegembiraan juga datang pada Shafira Ramadhan Kusuma, juara pertama lomba menyanyi lagu nasional. “Alhamdulillah bisa juara 1 setelah sebelumnya hanya berhasil menempati posisi kedua di class meeting dua bulan yang lalu”, ujar Shafira. Siswi yang mengidolakan Yura Yunita dan Miley Cyrus ini sangat yakin dengan persiapan lomba kali ini karena memiliki waktu yang lebih lama dari lomba sebelumnya. “Karena sekarang juga lombanya sendiri tidak duet seperti sebelumnya, jadi ga kesulitan lagi deh menyesuaikan tempo dan nada dengan mama,” lanjut siswi yang dulunya seorang pianis.

Dengan tema “Merdeka Berkreasi di Tengah Pandemi” kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu (19/8/20) hingga Selasa (25/8/20) menghasilkan enam juara di setiap lomba bisa ditonton di channel youtube SMP Musasi pada link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=oFSAmgN--zM. Selamat bagi para juara, bagi yang belum jangan berkecil hati. Sampai bertemu di event selanjutnya. (Achmad Bagus Hendy Kurniawan)


Komentar