SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo
Gebyar Musasi Literasi Festival 2020

Gebyar Musasi Literasi Festival 2020

28 July 2021

536 VIEWS

smpmusasi.net - Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang diterapkan oleh SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo (Musasi) dalam mendidik dan membimbing siswa-siswinya untuk terus menggali minat bakat yang mereka miliki melalui jadwal literasi di setiap hari Jum'at.

Selain itu untuk memeriahkan kegiatan literasi, SMP Musasi mengadakan lomba untuk memperingati hari literasi dalam acara Musasi Literasi Festival (MLF). Festival literasi ini diadakan mulai tanggal 3 November.

Pada Musasi Literasi Festival tahun 2020, SMP Musasi mengadakan sebanyak 8 jenis lomba. Kedelapan lomba tersebut adalah menyanyi kuartet Bahasa Inggris, duet Bahasa Jawa, story telling, pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Arab, vlog, news reading, dan juga antologi berita. Dari kedelapan lomba tersebut, seluruh siswa dapat ikut berpartisipasi maksimal 2 cabang lomba yang mereka minati.

Sabtu (14/11/20) pukul 08.00 – 12.00 WIB adalah puncak dari acara MLF yang dinamakan Gebyar MLF. Acara ini bertujuan untuk menampilkan beberapa hasil karya peserta lomba terbaik dan ditutup dengan pengumuman juara. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa siswa-siswi SMP Musasi yang terpilih setiap. Gebyar MLF kali ini diselenggarakan secara live melalui Zoom Meeting dan Youtube.



Sebelum Gebyar MLF dimulai, panitia memberi waktu peserta lomba untuk mengumpulkan hasil karya mereka melalui Youtube, ataupun file yang telah disediakan sesuai jenis lomba yang diikuti oleh masing masing siswa. Selanjutnya akan dinilai oleh panitia, dan peserta dengan karya terbaik akan diumumkan sebagai juara pada Gebyar MLF secara langsung. Sebagai juara, mereka akan diberi penghargaan berupa sertifikat dan hadiah.

Mengapa lomba ini diadakan? Menurut kepala sekolah SMP Musasi yaitu Drs. Aunur Rofiq, M.Si., salah satu kompetensi diabad ini adalah, kita perlu menguasai yang disebut dengan 4C, yaitu commumication, colaboration, creative, dan critical thinking. Dari 4C tersebut kita dapat belajar tentang kekompakan dan pentingnya kerjasama dalam melakukan sesuatu. Dengan begitu, akan tercapai komunikasi yang baik, dan suatu hal yang berat menjadi ringan karena dihadapi bersama sama.

Pada Gebyar MLF, SMP Musasi juga mendatangkan beberapa Wali Siswa yang ikut serta dalam Zoom Meeting. Disana, mereka memberi kesan dan pesan untuk lomba MLF tahun ini. Salah satu Wali Siswa yang ikut memeriahkan acara ini adalah, Yayuk Puji Rahayu.

Pada kegiatan Gebyar MLF ini beliau ditunjuk sebagai Motivator Literasi. Ia menjelaskan arti dan tujuan dari Literasi yang wajib kita pahami. “Anak anak tidak boleh mengeluh, dimasa pandemi juga perlu berkreasi sesuai kemampuan dan talentanya masing masing” jelasnya. Walaupun sedikit terlambat, kegiatan lomba MLF SMP Musasi tetap berjalan dengan meriah. (Francisca Aprillia Istifani / Editor: Achmad Bagus Hendy Kurniawan)

Komentar